Profile

Join date: Nov 1, 2022

About
0 Like Received
0 Comment Received
0 Best Answer

Perbedaan Kanker Dan Tumor

Istilah “kanker” dan “tumor” kadangkala masih sering disama artikan oleh beberapa awam. Padahal, keduanya memiliki pengertian yang berbeda. Perlu diingat, tumor belum pasti kanker, sedang kanker adalah model tumor yang benar-benar mengancam. Akan lebih baik terkecuali siapa pun mengerti perbedaan ini dengan mengerti saat membicarakan kemungkinan diagnosis kanker.

Jika istilah “tumor” mengacu terhadap massa sel (ukuran), maka kanker secara spesifik mengacu terhadap pertumbuhan sel baru yang memiliki kapabilitas untuk menyerang jaringan di sekitarnya. Kanker termasuk sanggup bermetastasis (menyebar ke organ lain) dan terhadap kelanjutannya sanggup membawa dampak kematian terkecuali pengidap penyakit tidak diobati.

Awal Mula Kanker Terjadi

Sel beritague.com adalah unit dasar yang membentuk tubuh manusia. Sel tumbuh dan membelah untuk membawa dampak sel baru cocok kebutuhan tubuh. Biasanya, sel mati saat benar-benar tua atau rusak. Kemudian, sel-sel baru dapat menggantikannya.

Kanker menjadi terjadi saat pergantian genetik mengganggu proses yang tertata ini. Sel menjadi tumbuh tidak terkendali. Sel-sel ini sanggup membentuk massa yang disebut tumor. Pada mulanya tumor sanggup berupa jinak atau kanker.

Tumor kanker yang berupa ganas, berarti sanggup tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh lainnya. Sedangkan tumor jinak berarti tumor sanggup tumbuh tetapi tidak menyebar. Ada termasuk beberapa model kanker yang tidak membentuk tumor. Misalnya saja leukemia, beberapa besar model limfoma, dan myeloma.

Saat tumor kanker tumbuh, aliran darah atau proses limfatik sanggup mempunyai sel kanker ke bagian lain berasal dari tubuh. Selama proses ini, sel kanker tumbuh dan sanggup berkembang jadi tumor baru. Kondisi ini dikenal sebagai metastasis.

Salah satu tempat pertama kanker sering menyebar adalah ke kelenjar getah bening. Kelenjar getah bening adalah organ kecil berupa kacang yang menopang melawan infeksi. Mereka terdapat di dalam kelompok di bermacam bagian tubuh, layaknya leher, tempat selangkangan, dan di bawah lengan.

Kanker termasuk sanggup menyebar lewat aliran darah ke bagian tubuh yang jauh. Bagian-bagian ini termasuk tulang, hati, paru-paru, atau otak. Bahkan, terkecuali kanker menyebar, suasana berikut dinamai cocok dengan tempat asalnya. Misalnya terkecuali kanker payudara menyebar ke paru-paru, maka disebut kanker payudara metastatik, bukan kanker paru-paru.

Tidak Semua Tumor Menjadi Kanker

Tumor adalah kumpulan sel abnormal yang membentuk benjolan atau pertumbuhan. Kondisi berikut sanggup terjadi di keliru satu berasal dari triliunan sel di tubuh manusia. Tumor tumbuh dan memiliki prilaku berbeda, tergantung apakah mereka berupa kanker (ganas), non-kanker (jinak), atau prakanker.

Penting untuk dimengerti bahwa tidak seluruh tumor berupa kanker. Misalnya tumor jinak, pertumbuhannya terbatas terhadap bagian tubuh tertentu. Tumor jadi kanker terkecuali ganas, pertumbuhan primer sanggup membuahkan beberapa pertumbuhan sekunder, agar menyerang bagian penting tubuh dan menyebar ke bermacam organ.

Sama layaknya seluruh tumor yang tidak berupa kanker, seluruh kasus kanker termasuk tidak selalu ditandai dengan pertumbuhan tumor. Namun, terhadap kemunculan tumor, kontrol biopsi benar-benar penting untuk pilih apakah pertumbuhannya ganas atau jinak.

Tumor kemungkinan atau kemungkinan tidak berkembang jadi kanker. Namun, kanker adalah suasana ganas di mana penyebaran pertumbuhan sel abnormal sanggup jadi tidak terkendali.

P

Perbedaan Kanker Dan Tumor

More actions